Senin, 27 Desember 2010

20 Hal Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

1 - Selama Masa Apartheid Berkuasa Di Afrika Selatan, Buruh-buruh Anggur Tidak Pernah Diupah Dengan Uang Tapi Dibayar Dengan Alkohol. Hasilnya Kebun Anggur Tidak Terurus Dengan Baik Dan Ketika Masa Panen Banyak Buruh Yang Tidak Masuk Karena Dijejali Alkohol Setiap Hari Dan Anggur Banyak Yang Membusuk. Kebijakan Ini Berakhir Setelah Apartheid Dihapuskan, Hasilnya Anggur-anggur Afrika Selatan Saat Ini Mulai Diperhitungkan Sebagai Saingan Anggur Eropa.

2 - Empat Hari Setelah Presiden John F.Kennedy Dilantik, Tepatnya Tanggal 24 Januari 1961, Sebuah Pesawat B-52 Meledak Diatas Goldsboro, North Caroline, Amerika Serikat, Membunuh Tiga Dari Delapan Awaknya, Serta Melepaskan Dua Buah Bom Nuklir Yang Masing-masing Berkekuatan 24 Megaton. Bandingkan Dengan Seluruh Bom Yang Dijatuhkan Sekutu Di Atas Jerman Dan Jepang Pada Perang Dunia II Yang Berkekuatan Total Cuma 2,2 Megaton. Satu Dari Bom Itu Mengembangkan Parasutnya Dan Jatuh Ke Tanah Serta Berhasil Ditemukan, Tetapi Pada Bom Yang Satu Lagi, Parasutnya Tidak Berhasil Mengembang Dan Jatuh Di Sebuah Tanah Pertanian Yang Terendam Air Dan Tidak Berhasil Ditemukan Hingga Sekarang. Dari Bom Nuklir Yang Berhasil Ditemukan, Tim Ahli Senjata Nuklir Angkatan Udara Amerika Menemukan Bahwa Lima Dari Enam Peranti Pengaman Bom Nuklir Itu Ternyata Dalam Keadaan Macet.

3 - Kisah Bahtera Nabi Nuh Yang Dikenal Dalam Agama Kristen, Islam Dan Yahudi, Ternyata Memiliki Versi Lain. Orang-orang Sumeria Yang Hidup Di Irak Di Masa Kuno, Mengenal Cerita Yang Disebut Kisah Gilgamesh. Nuh Dalam Versi Mereka Bernama "Utnaphishtim", Yang Juga Mendapat Perintah Secara Supernatural Untuk Membangun Bahtera Agar Dapat Menyelamatkan Diri Dari Banjir Raksasa. Dalam Cerita Versi Sumeria Ini Juga Terdapat Hal Yang Sama Dengan Nuh. "Utnaphishtim" Melepas Burung Untuk Mengetahui Apakah Banjir Telah Surut Atau Belum, Persis Seperti Yang Dilakukan Oleh Nabi Nuh.

4 - Pernikahan Aktor Hollywood, Rudolph Valentino Dengan Aktris Jean Acker, Sebagaimana Layaknya Pernikahan Kaum Selebritis, Berlangsung Meriah Di Hollywood Tanggal 5 November 1919. Namun Terdapat Hal Yang Sangat Luar Biasa Terjadi Setelah Pernikahan Itu. Pernikahan Pertama Rudolph Valentino Itu Berakhir Enam Jam Kemudian. Pengantin Baru Itu Sepakat Untuk Bercerai Di Pagi Hari Setelah Malam Pertama Mereka.

5 - Galileo Galilei. Galileo Galilei, Adalah Orang Yang Mengalami Kesulitan, Baik Semasa Hidup Maupun Setelah Mati. Saat Kematiannya Di Tahun 1642, Tubuhnya Tidak Langsung Dikuburkan, Melainkan Tetap Disimpan Hingga Tahun 1737, Hampir Seabad Berikutnya. Sebelum Dikuburkan Di Gereja Santa Croce, Florence, Italia, Seorang Bangsawan Memotong Tiga Jari-jari Galileo Sebagai "kenang-kenangan". Dua Dari Jari Itu Kemudian Dimiliki Oleh Seorang Dokter Itali, Dan Jari Ketiga - Sepotong Jari Tengah - Saat Ini Berada Di Museum Sejarah Ilmu Pengetahuan Di Florence, Italia, Dipajang Menunjuk Ke Langit Di Atas Tiang Marmer.



6 - Kalau Di Indonesia, Beberapa Waktu Lalu Pemerintah Kita Galak Menggelar Program Keluarga Berencana, Tidak Demikian Yang Terjadi Di Uni Emirat Arab. Negeri Itu Justru Melakukan Kebijakan Sebaliknya, Mendorong Penduduknya Untuk Kawin Dan Memiliki Anak. Hal Itu Didorong Oleh Sebuah Studi Akademik Yang Mengungkapkan Bahwa Pertambahan Penduduk Negeri Itu Pada Tahun 2020 Hanya Sebesar 5 %. Tidak Dijelaskan Berapa Jumlah Penduduk Uni Emirat Arab Saat Ini. Akan Tetapi, Hasil Studi Itu Telah Membuat Pemerintah Uni Emirat Arab Jadi Gusar. Karena Itu, Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Zayed Bin Sultan Al-Nahyan Mendirikan Sebuah "yayasan Perkawinan". Yayasan Ini Adalah Untuk Membiayai Perkawinan Rakyat Uni Emirat Arab. Hingga Kini Yayasan Tersebut Sudah Mengeluarkan Dana Hampir 400 Juta Dollar Untuk Biaya Perkawinan Sekitar 44.000 Pasangan

7 - Kaisar Mongol, Kubilai Khan Adalah Pemimpin Pertama Dunia Yang Menyatakan Bahwa Hari-hari Besar Agama Buddha, Kristen, Yahudi, Dan Islam Sebagai Hari Libur Resmi Kenegaraan. Ia Menyatakan Bahwa Hari Natal Bagi Agama Kristen Dan Paskah (yang Juga Diperingati Agama Yahudi), Hari Raya Penebusan Dosa (sebuah Perayaan Yahudi), Serta Idul Fitri Sebagai Hari Raya Nasional. Kubilai Khan Memerintah Atas Daerah Kekuasaan Yang Merentang Dari Perbatasan Eropa, Timur Tengah, Hingga Hampir Seluruh Asia Timur Di Pertengahan Abad Ke 13. (Gak ada beliau mungkin kita tetap akan sekolah atau bekerja kecuali akhir pekan)

8 - Di Usia 25 Tahun, Ia Dipecat Dari Ketentaraan, Selain Itu Ia Telah Dipermalukan, Patah Semangat, Tanpa Harapan, Tanpa Uang. Di Ujung Semua Itu, Berniat Bunuh Diri Dengan Meloncat Dari Sebuah Jembatan. Namun Sebelum Niat Tersebut Terjadi, Seorang Teman Datang Dan Membujuknya Untuk Membatalkan Niat Tersebut. Sang Pemuda Pun Membatalkan Bunuh Diri, Dan Memulai Hidup Baru. Hanya Dalam Waktu Setahun Setelah Rencana Bunuh Diri Itu, Ia Berhasil Meniti Kembali Karir Militernya Yang Telah Hancur, Dan Berhasil Menjadi Jenderal Termuda Dalam Dinas Ketentaraan Perancis. Kemenangan Besar Dapat Dicapainya Justru Saat Ia Memimpin Prajurit-prajurit Lelah Yang Kelaparan (dimasa Inilah Ia Berkata "prajurit Berjalan Di Atas Perutnya"). Di Kemudian Hari Ia Menaklukkan Seluruh Eropa Daratan. Ia Adalah Napoleon Bonaparte.

9 -  Di Amerika Serikat, Seseorang Yang Tidak Dikenal Identitasnya Disebut Dengan Nama John Doe (ingat Peristiwa Pemboman Gedung FBI Di Oklahoma, Amerika Pada Tahun 1995). Dan Bila Seseorang Yang Tidak Dikenal Identitasnya Itu Adalah Seorang Wanita Maka Akan Disebut Sebagai Jane Doe. Tradisi Menyebut John Dan Jane Doe Ini Ternyata Berasal Dari Peristiwa Pembunuhan Presiden Amerika, McKinley, Di Hari Jumat 6 September 1901. Sang Pembunuh, Leon F. Czolgosz, Di Hari Sebelum Pembunuhan Menginap Di Riggs House Hotel. Di Hotel Tersebut, Leon Menggunakan Nama Samaran John Doe, Nama Samaran Yang Digunakan Polisi Saat Mengusut Dirinya. Akhirnya Hingga Sekarang, Setiap Seseorang Yang Belum Diketahui Identitasnya, Masyarakat Amerika Menyebutnya Sebagai John Atau Jane Doe.

10 - Di Bawah Ini Ada Sebuah Daftar Kegagalan Dari Orang Yang Semasa Hidupnya Mengalami Banyak Tantangan Dan Badai. 1831 - Ia Mengalami Kebangkrutan Dalam Usahanya. 1832 - Ia Menderita Kekalahan Dalam Pemilihan Tingkat Lokal. 1833 - Ia Kembali Menderita Kebangkrutan. 1835 - Istrinya Meninggal Dunia. 1836 - Ia Menderita Tekanan Mental Sedemikian Rupa, Sehingga Hampir Saja Masuk Rumah Sakit Jiwa. 1837 - Ia Menderita Kekalahan Dalam Suatu Kontes Pidato. 1840 - Ia Gagal Dalam Pemilihan Anggota Senat Amerika Serikat. 1842 - Ia Menderita Kekalahan Untuk Duduk Di Dalam Kongres Amerika Serikat. 1848 - Ia Kalah Lagi Di Konggres Amerika Serikat. 1855 - Ia Gagal Lagi Di Senat Amerika Serikat. 1856 - Ia Kalah Dalam Pemilihan Untuk Menduduki Kursi Wakil Presiden Amerika Serikat. 1858 - Ia Kalah Lagi Di Senat Amerika Serikat. 1860 - Ia Akhirnya Menjadi Presiden Amerika Serikat. Siapakah Dia? Namanya Ialah Abraham Lincoln. Kalau Orang Lain Yang Mengalami Demikian Banyak Kegagalan Mungkin Ia Sudah Mundur Secara Teratur. Tetapi Lincoln Maju Terus, Kata Mundur Sama Sekali Tidak Ada Di Otaknya. Akibatnya Ia Kemudian Mencapai Suatu Sukses Yang Luar Biasa.

11 -  Harland D. Sanders Ketika Itu Telah Berusia 66 Tahun, Dan Ia Tidak Mempunyai Apa-apa Yang Dapat Dibanggakan. Satu-satunya Harta Paling Bernilai Yang Dimilikinya Adalah Resep Rahasia Yang Diberi Nama "ayam Goreng Kentucky". Menjelang Tahun 1956, Sanders Berhasil Meyakinkan Beberapa Restoran Guna Memasak Dan Menjual "ayam Goreng Kentucky", Dan Memberinya US 4 Sen Sebagai Royalti Untuk Setiap Potong Ayam Goreng Yang Terjual. Gembira Dengan Kesuksesan Yang Diperoleh, Sanders Lalu Memuati Mobil Pikap Model 1946 Miliknya Dengan 50 Resep Ramuan Bumbu, Dan Sebuah Periuk Untuk Ditawarkan Kepada Beberapa Orang Yang Mau Membeli Waralaba Resepnya. Menjelang Tahun 1960, Sebanyak 400 Buah Restoran Di Amerika Dan Kanada Telah Menyediakan "ayam Goreng Kentucky". Dalam Waktu 4 Tahun, Jumlah Tempat Jualan "ayam Goreng Kentucky" Telah Meningkat Menjadi 650 Restoran Dengan Omset Penjualan Per Tahun Bernilai US$37 Juta. Saat Ini Terdapat Lebih 10.000 Restoran "ayam Goreng Kentucky" Di Seluruh Dunia Dengan Lebih Dari 200.000 Karyawan Dan Omset Penjualan Per Tahunnya Lebih Dari US$8.2 Milyar.


12 - Menara Miring Di Pisa Italia, Menjadi Demikian Karena Salah Desain. Arsiteknya, Bonanno Da Pisa, Melakukan Kesalahan Saat Membangun Menara Itu Di Tahun 1174. Kesalahannya Adalah Mendirikan Pondasi Cuma Sedalam 3 Meter. Bisa Dibandingkan Dengan Tinggi Menara Yang Mencapai 56 Meter. Akibatnya, Di Tengah Pelaksanaan Proyek, Tanah Di Sekitar Menara Bergeser, Dan Menara Itu Menjadi Miring, Sehingga Proyek Harus Dihentikan. Proyek Pembangunan Dilanjutkan Kembali Dan Selesai Di Tahun 1350, Dengan Tiga Dari Delapan Tingkatnya Dibangun Vertikal Untuk Mengubah Titik Gravitasi Menara Yang Telah Melenceng Kira-kira 5,1 Meter Dari Desain Semula. Walaupun Sudah Dikoreksi, Menara Itu Tetap Bergerak Miring Hingga Sekarang, Dan Selalu Akan Lebih Miring Beberapa Millimeter Per Tahun.

13 - Di Masa Jayanya, Wilhelm Steinitz Adalah Salah Satu Pemain Catur Paling Cemerlang Di Dunia. Namun Saat Semakin Tua, Ia Secara Perlahan-lahan Dijangkiti Kegilaan, Dan Sering Merasa Bahwa Ia Dapat Menelepon Seseorang Tanpa Menggunakan Telepon, Ataupun Bermain Catur Tanpa Menyentuh Bidak. Puncak Kegilaannya Terjadi Saat Steinitz Mengumumkan Kepada Masyarakat Luas Bahwa Ia Hendak Menantang Tuhan Untuk Bermain Catur. Lebih Parah Lagi, Ia Menawarkan Fur Satu Bidak Dalam Pertandingan Ini.

14 -  James E.Casey, Seorang Penggagas UPS (United Parcel Service), Terpaksa Berhenti Dari Sekolah Ketika Berusia 11 Tahun, Guna Membantu Keluarganya Karena Ayahnya Tidak Sehat. Pekerjaan Pertama Yang Diperoleh Oleh Casey Adalah Mengantar Pembungkus Ke Sebuah Gudang Serba Ada Dengan Gaji Sebulannya Sebesar US$2,50. Selain Itu, Casey Juga Bekerja Sebagai Pengantar Telegraf Di Sebuah Perusahaan Telegraf. Ketika Berusia 15 Tahun, James E.Casey Dan 2 Orang Rekannya Yang Bekerja Sebagai Pengantar Telegraf, Memulai Usaha Sendiri Yang Kemudian Ternyata Menjadi Berhasil. Dari Pengantar Yang Berjalan Kaki, Naik Sepeda, Dan Sepeda Motor, Akhirnya Mereka Berkembang Dengan Menggunakan Truk. Saat Ini, United Parcel Service Mempunyai Lebih Dari 340.000 Karyawan Di Seluruh Dunia Dengan Omset Per Tahun Lebih Dari US$22 Milyar.


15 -  Para Ilmuwan Yang Terlibat Penelitian Tingkah Laku Hewan, Menyatakan Bahwa Babi, Tidak Seperti Hewan Peliharaan Manusia Lainnya, Memiliki Kemampuan Berpikir Yang Unik. Babi Dapat Memecahkan Suatu Persoalan Dengan Cara Memikirkannya Terus Menerus, Bukan Dengan Pikiran Sekilas. Dari Hasil Penelitian Itu Pula Ditemukan Bahwa, Apa Yang Bisa Dikerjakan Oleh Anjing, Dapat Dikerjakan Oleh Babi, Dan Biasanya Dalam Waktu Yang Lebih Singkat.


16 -  Pada Beberapa Kebudayaan Di Dunia, Termasuk Diantaranya Pada Beberapa Suku Indian Amerika Tengah, Dan Kaum Thracia Dari Daerah Bulgaria, Kelahiran Disambut Dengan Kesedihan Sementara Kematian Disambut Dengan Kegembiraan. Ketika Seorang Bayi Baru Lahir, Maka Keluarganya Akan Duduk Mengelilingi Sang Bayi Sambil Meratapi Kesusahan-kesusahan Yang Akan Dialami Sang Bayi Di Masa Hidupnya. Sebaliknya, Saat Menghadiri Kematian, Para Tamu Yang Hadir Justru Tertawa Dan Melawak Di Hadapan Orang Yang Meninggal, Karena Mereka Percaya Bahwa Orang Yang Mati Sedang Menuju Negeri Kebahagiaan. Terkadang, Istri Atau Hewan Favorit Milik Yang Mati Ikut Dibunuh, Sehingga Mereka Pun Dapat Turut Bersama Berbahagia Di Alam Baka.

17 - Sheik Shakhbut, Bekas Pemimpin Abu Dhabi, Adalah Salah Satu Dari Beberapa Pemimpin Arab Yang Mendapat Rejeki Nomplok Saat Ditemukannya Sumber Minyak Di Jazirah Arab. Namun Penduduk Abu Dhabi Selalu Merasa Heran, Karena Walaupun Minyak Telah Disedot Sedemikian Banyaknya, Uang Yang Dihasilkan Dari Penjualan Minyak Bumi Itu Tidak Kelihatan 'jejaknya'. Maka Terjadilah Perebutan Kekuasaan, Dan Sheik Shakhbut Dapat Digulingkan Dari Kekuasaannya. Selanjutnya, Sebuah Komisi Dibentuk Untuk Mencari Kemana Perginya Uang Hasil Minyak Abu Dhabi. Dari Istana Kerajaan Terbongkarlah Sebagian Misteri Ke Mana 'perginya' Uang-uang Itu.. Selama Pemerintahannya Sheik Shakhbut Telah Menyembunyikan Uang-uang Hasil Penjualan Minyak Itu Di Seluruh Bagian Istananya, Mulai Dari Di Bawah Kasur, Lemari, Karpet Dan Tempat-tempat Lain. Sulit Untuk Dihitung Berapa Banyak Yang Disembunyikan Sheik Shakhbut, Namun Sebagai Gambaran Saja, Terdapat Kira-kira Uang Kertas Senilai 2 Juta Dollar Yang Telah Rusak Dimakan Tikus...

18 -  Jean-Francois Champollion Dicatat Dalam Sejarah Dunia Sebagai Orang Pertama Yang Berhasil Membaca Huruf Mesir Kuno Yang Telah Terlupakan Ribuan Tahun. Ternyata Kemampuannya Ini Didukung Oleh Pengetahuan Bahasa Yang Telah Dikembangkannya Sejak Dini. Saat Berusia 11 Tahun, Champollion Telah Menguasai Bahasa Latin, Yunani, Dan Ibrani. Dua Tahun Kemudian Ia Juga Mempelajari Bahasa Arab, Syria, Chaldea, Dan Koptik. Di Tahun 1822, Saat Berusia 32 Tahun, Champollion Selesai Menterjemahkan Batu Rosetta Yang Menjadi Kunci Pembacaan Naskah Hieroglif Mesir Kuno.

19 -  Danau Huron Di Amerika Utara, Memiliki Pulau Di Tengahnya, Yang Bernama Pulau Manitoulin, Dengan Luas 1.068 Mil Persegi. Pulau Itu Adalah Pulau Terbesar Yang Ada Di Tengah Danau. Uniknya, Ternyata Di Tengah Pulau Manitoulin Juga Terdapat Danau, Yang Diberi Nama Danau Manitou, Dengan Luas 41 Mil Persegi, Dan Di Tengah Danau Manitou Itu Masih Terdapat Beberapa Buah Pulau Lagi Yang Berukuran Lebih Kecil.

20 -  Martin Luther King, Jr. (1929-1968), Adalah Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Termuda Sepanjang Sejarah. Ia Menerima Penghargaan Itu Di Usia 35 Tahun Atas Perjuangannya Menuntut Persamaan Hak Antar Ras. Perlu Dicatat, Bahwa Dalam Usia Mudanya Itu, Selama Berjuang Martin Luther King, Jr. Telah 120 Kali Dijebloskan Ke Dalam Tahanan Oleh Pihak Kepolisian, Atas Aksi Gerakan Tanpa Kekerasan Yang Dicanangkan Luther King Dalam Memperjuangkan Hak-hak Sipil.

1 komentar:

Look Me ! :D

Followers

Syndication


banner
Mohon tunggu sebentar ...

Mana Yang Lebih Keren ?

Diberdayakan oleh Blogger.

 

Lorem

Ipsum

Dolor